Berita Daerah Politik

Camat Abaikan Surat Pemkab Lampura Sekda Kirim Surat Teguran pertama Soal PAW BPD Desa Surakarta.

Berita Lennus, Lampung utara – Atas dasar tidak ada tindak lanjutnya surat dari Pemkab kepada Camat Abung timur, yang terkesan di abaikan, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung utara melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Lekok. MM, melayangkan surat teguran pertama bernomor: 141/49.1/25-LU/2022 tertanggal 8 Februari, yang di tujukan kepada Camat Abung timur Mu’ad. S.ag. MM, terkait perihal pengajuan usulan Pergantian Antara Waktu (PAW) anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Surakarta, rabu (09/02/2022).

Prihal surat teguran pertama :
I. Dasar
1.Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa:
2.Peraturan Pemerintah nomor 47 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 tentang pelaksanaan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.
3.Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Lampung utara nomor 7 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD.

II.Memperhatikan
1.Surat sekretariat Daerah Kabupaten Lampung utara nomor:141/720/25-LU 2021tanggal 28 Desember 2021 prihal tindak lanjut usulan BPD Desa Surakarta Kecamatan Abung timu.
2.surat Sekretariat Pemkab Lampura nomor : 141/30.1/25-LU/2021, Tertanggal 21 januari 2022.

  1. Surat Camat Abung timur nomor :141/247/46-LU/2021 tanggal 13 Desember 2021 tentang usulan BPD Desa Surakarta Kecamatan Abung timur.
    4.surat Camat Abung timur nomor:141/260/46-LU/2021 tanggal 22 Desember 2021 tentang usulan BPD Desa Surakarta Kecamatan Abung timur.
    5.surat Camat Abung timur nomor : 141/02/46-LU/2022 tanggal 7 Januari 2022 prihal Mediasi usulan BPD Desa Surakarta.
    6.surat Camat Abung timur nomor:141/25/46-LU/2022 tanggal 27 januari 2022 tentang mohon bantuan penyelesaian BPD Desa Surakarta.

III.Sehubungan hal tersebut, di minta kepada saudara memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
I.Mempedomani peraturan daerah Kabupaten Lampung utara nomor 7 tahun 2016 tentang BPD dan LKD Desa, Pasal II ayat (I)” Pergantian Antar Waktu (PAW) keanggotaan BPD dilakukan secara Demokeratis dan ditetapkan dengan keputusan Bupati atas usulan pimpinan BPD melalui Kepala Desa dan Camat.
2.Memastikan terlaksananya penerapan asas Demokeratis dalam pelaksanaan Pergantian Antar Waktu (PAW) BPD Desa Surakarta.
3.Memastikan usulan yang disampaikan Pimpinan BPD telah di Evaluasi sesuai dengan aturan yang berlaku dan telah di Administrasikan secara benar melalui Kepala Desa dan diteruskan kepada Camat.
4.Camat melakukan Evaluasi dan mencatat secara Administrtif satu usulan yang telah sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk disampaikan kepada Bupati Lampung utara Cq Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung utara.

IV. Demikian untuk dilaksanakan dan atas kerjasamanya di ucapkan terimaksih.

An: Bupati Lampung utara
Sekretaris Daerah (Sekda)
Drs. Lekok.MM.

Surat teguran pertama, merupakan tindak lanjut dari pengajuan usulan dan Pernyataan Camat Abung timur Mu’ad. S.ag.MM dalam pemberitaan Media, yang menjelaskan,” Seharusnya pihak Kabupaten yang wewenangnya lebih luas, lebih mengerti apa saja syarat ketentua PAW bagi anggota BPD, kan di sana ada Kabag Hukum, Politik, mereka lebih tau, tidak mengembalikan ke Kecamatan, kalau di kembalikan ke kecamatan,” Se olah-olah mereka tidak tau, Lebih pintar Kecamatan,” terang Mu’ad. S.ag.MM.

“Harapan saya selaku Camat, ketika ada hal penting seperti ini, jangan di kembalikan ke Kecamatan, karena pengetahuan bidang Hukum kecamatan Terbatas, Profesional lah, jangan saling lempar masalah, kalau gini melempar masalah ke kami, kalau kami putuskan salah satu dari dua usulah ini, nanti kami di tuntut, karena kami tidak bisa menjawab alasanya.

Tambah Camat lagi,” Harapan saya, kalau dari Kecamatan sudah minta bantuan Kabupaten untuk menyelesaikan, Tolong di selesaikan di sana, jangan di kembalikan ke Kecamatan, karena banyak permasalahan di Kecamatan yang bisa menimbulkan Konflik, Contohnya ini, kalau alasanya tidak tepat, bisa menimbulkan Konflik besar ini,” Maka saya tidak mau memutuskan, (LE/HR)

Related posts

KERJA BAKTI DAN KEBERSIHAN DI RT.008/RW.008 KELURAHAN CENGKARENG BARAT KECAMATAN CENGKARENG KOTA

admin@lennus

Musrenbang Kelurahan Pamulang Timur Kecamatan Pamulang Pagu 2 Milyar

admin@lennus

DPP KAMSRI Gelar Acara Santunan Anak Yatim di Hadiri Wagub Ariza

admin@lennus

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.