Berita Ekonomi Home Sosial

Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah. Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPD.PKDP KAB.PURWAKARTA) PERIODE 2022 – 2027,

beritalennus.co.id Purwakarta, JABAR – Masyarakat padang atau minang sudah lama berdomisili di kabupaten purwakarta, asli Kabupaten Padang Pariaman, Kota Piaman, dan Tiku (bagian Kab. Agam), diperkirakan jumlahnya dominan di Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan pesan, bahwa warga pariaman di Purwakarta semua selalu semangat dan sukses dalam melaksanakan tugasnya di organisasi serta mengapresiasikan hingga Bupati pun mau ikut menyempatkan diri ke purwakarta,

Saya mewakili pemerintah daerah kabupaten Purwakarta sangat bangga dan berterima kasih kepada PKDP, Karna Bupati dari daerahnya mau menyempatkan diri datang ke Purwakarta untuk menghadiri kegiatan ini, Ujar Anne Ratna Mustika.

Ketua DPD PKDP.Purwakarta, Anwar Koto mengatakan, bahwa DPD PKDP Kab.Purwakarta berdiri pada tahun 2008, karena ada inisiatif dari tokoh2 Piaman yg ada di kab.Purwakarta dan ada nya juga dorongan dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW-JABAR) Jawa Barat, waktu itu yg sangat berkeinginan membentuk DPD PKDP di Kabupsten Purwakarta sebagai amanat dari AD/ART PKDP

Visi PKDP Kedepan, untuk Jangka pendek dan jangka panjang:
Program PKDP DPD.PURWAKARTA Akan besenrgi dengan organisasi lokal, PKDP pun tetap menjunjung tinggi palsapah pendahulu kami dalam bahasa padang/minang mengatakan (dima bumi dipajak disitu langik di jujung)
Arti nya: walunpun bar asal dari minang kami Akan ikut aturan yang dimana kami mencari rejeki,
PKDP Purwakarta siap tunduk pada aturan perintah setempat, ujarnya.

PKDP. Organisasi mandiri yang bersinergi dengan organisasi minang lainnya,
seperti PKPS, IKTD, PKSB. IKAMI,;DPD IKM, IKPS, IKB, yang satu sama dengan yang lainnya mempunyai AD ART masing2, Ujar Ketua, Anwar Koto

Di Hadiri langsung dengan Bupati Kab.Padang Pariaman, Suhatri Bur, SE, M.M dan juga hadir Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika beserta Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain beserta Rombongan nya,

PKDP Purwakarta pun berniat untuk mempersatukan parantau yang berasal dari kabupaten Padang Pariaman dan kota Pariaman yang merupakan perantau terbesar dari semua perantau minang yang ada.

Lanjut Ketua Anwar Kota menambahkan lagi, bahwa Warga Piaman umumnya memiliki profesi sebagai pedagang, sebagian kecil bekerja sebagai karyawan Pabrik, serta ada juga yang di birokrasi/TNI-Polri, yang domisilinya tersebar di beberapa kecamatan di Purwakarta yaitu Kecamatan Kota Purwakarta, Campaka, Jatiluhur, Plered, Bojong dan Wanayasa.

Hal ini pun keberagaman penduduk dengan budayanya masing-masing,

PKDP hadir untuk berkontribusi untuk masyarakat dan merupakan potensi bagi Purwakarta,

Adapun Kontribusi Perantau bagi Kabupaten Purwakarta sudah menjadi hal yang biasa dari setiap komunitas perantau, ditanah rantau menyemarakan berbagai kegiatan pertemuan dengan pentas seni budaya asal daerahnya, terutama jenis tarik suara atau lagu-lagu daerah. Maraknya even/pergelaran ini merupakan salah satu potensi bagi kabupaten/kota sebagai tanah rantau.

PKDP Purwakarta pun juga tidak lupa untuk memberikan penampilan lagu-lagu minangnya pada acara pelantikan dan pengukuhan Ketua dan jajaran pengurusnya diharapkan juga akan menghadirkan hal yang positif dan baik bagi warga PKDP dan bagi Kabupaten Purwakarta, baik dari budaya maupun gairah perekonomian.

Dari sudut lain even ini menjadi perekat silaturahim yang makin kuat bagi PKDP, sehingga akan mampu membantu pemantapan stabilitas kemasyarakatan di Purwakarta, melalui peran serta PKDP sebagai mitra pemerintah Kabupaten. Ujar Anwar Koto

Keberadaan perantau anggota PKDP bagi Kabupaten Purwakarta dapat ditinjau dari potensi, sbb:

  1. Perekonomian kerakyatan
    Sebagian perantau merupakan dari perekonomian menengah ke bawah,
    Seperti: Perdagangan. Pemerintah dapat menyertakan PKDP dalam pengembangan UMKM.
  2. Bidang kesehatan
    Kesehatan masyarakat yang terus harus ditingkatkan, melalui PKDP bisa dikoordinir agar semua perantau dapat menjadi peserta BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan.
  3. Bidang kemananan
    Pada kondisi-kondisi tertentu jika diperlukan, PKDP dapat menjadi stabilisator masyarakat terutama perantau asal Piaman.
  4. Bidang Seni Budaya
    Minangkabau memiliki budaya yang unik karena budaya matrilinialnya. Keunikan ini bisa menjadi potensi yang memperkaya keberagam budaya di Kabupaten Purwakarta.

Dengan demikian pada even-even kabupaten PKDP dapat dilibatkan dalam parade budaya pada hari-hari peringatan resmi yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Purwakarta.

  1. Berbagai peran lainnya dibadang Pendidikan, kepemudaan, dan lain sebagainnya. ujar Ketua Anwar Koto.

(Don/Ferday)

Related posts

Tebar 50 Ribu Ekor Benih Ikan,Dr Hj Winarti Bupati Tulang Bawang

admin@lennus

Ketua tp. Pkk Lahat Lidiawaty S. Hut Launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) Tahun 2022

admin@lennus

Wali Kota Hadiri Pelantikan DPD KNPI Tangsel .

admin@lennus

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.