Berita Daerah Ekonomi Sosial

FGD Dan Sosialisasi Gerakan Sumsel Mandiri Pangan Dan GSMP Lahat Bercahaya

beritalennus.co.id Lahat Sumatera Selatan – Dalam mensukseskan gerakan Sumsel Mandiri Pangan, Senin (26/09/2022) Bertempat di gedung pertemuan pemkab Lahat di laksanakan Focus Group Discussion (FGD) dan sosialisasi gerakan Sumsel Mandiri Pangan dan bantuan benih padi Inbrida( GSMP) Lahat Bercahaya,

Tampak dalam kegiatan Bupati Lahat Cik Ujang SH, Wabup Lahat H.Haryanto SE MM, Sekda Lahat Chandra SH MH, ketua TP PKK kabupaten Lahat Lidya Wati S.Hut dan anggota, Kadis TPHP Eti Listina SP MM dan jajarannya, kepala OPD/Badan, tim percepatan pembangunan kabupaten Lahat, para camat, perwakilan kades dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Eti Listina SP MM dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini rangka menurunkan angka kemiskinan dan pemenuhan gizi keluarga dan gerakan ini akan merubah dari selama ini konsumtif menjadi produktif dengan menggalakkan Pemafaatkan lahan pekarangan.kemandirian pangan di kabupaten Lahat akan di mulai dari kemandirian pangan pada tingkat rumah tangga.

Disampaikannya,Pada tahun 2022 telah dan akan di saluran bantuan kepada rumah tangga miskin (RTM) sasaran gerakan Sumsel Mandiri Pangan ada 240 RTM yang tersebar di 12 desa di 12 kecamatan dan akan di lanjutkan di 12 desa dan 12 kecamatan lainnya sehingga tersebar di 24 kecamatan.

“Selain itu pemerintah kabupaten Lahat juga memberikan berbagai fasilitas bantuan yaitu bantuan benih / bibit tanaman pangan dan holtikultura, pupuk, ternak sapi, kambing ayam bantuan bantuan alat mesin dan lainnya.Gerakan ini langsung bersentuhan dengan masyarakat khususnya petani dan peternak,” ucap Eti .

Senada Bupati Lahat Cik Ujang SH yang sekaligus membuka kegiatan menyampaikan untuk memanfaatkan pekarangan rumah dan bila di manfaatkan
Apabila kebutuhan pokok bisa terpenuhi dari pekarangan tentunya ini membantu perekonomian dan kita dapat mengkonsumsi gizi yang seimbang .

Kepada seluruh camat, kades ibu ibu TP PKK di kabupaten Lahat untuk mensukseskan program Sumsel Mandiri Pangan ini kita sosialisasikan kita edukasi agar memanfaatkan pekarangan di lingkungan rumah ini untuk masyarakat dan meningkatkan kemakmuran serta menurunkan angka kemiskinan di kabupaten Lahat.

“Beri contoh ke masyarakat dan akhirnya ini menjadi pemacu dan mereka menjadi berhasil sehingga masyarakat menjadi mandiri dan sejahtera ,” ungkapnya Cik Ujang.

Di lanjutkan simbolis pemberian bantuan alat pertanian yang diserahkan langsung oleh Bupati Lahat Cik Ujang SH.

Di tempat yang sama Suherman Ketua Kelompok tani Mufakat dari desa Bandu Agung kecamatan Muara Payang kabupaten Lahat menyampaikan “terimakasih kepada Bupati Lahat Cik Ujang SH yang telah memberikan perhatian dan mendapatkan 1 unit kendaraan motor roda tiga yang akan di gunakan nya untuk mengangkat hasil pertanian ,” ucapnya.

(Dharmawan,SE/Ujang A)

Related posts

Di Lokasi Pra TMMD, Babinsa Bantu Petani Panen Lombok

admin@lennus

Wujud Nyata Demokrasi dan Harapan Baru Warga di Kampung Baru RT17 RW06 Kelurahan Jelupang

admin@lennus

Pangdam Kasuari Audiensi Ke Gubernur Papua Barat, Diskusi Membangun Papua Barat.

admin@lennus

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.