Berita Home Sosial

Wujud Nyata Demokrasi dan Harapan Baru Warga di Kampung Baru RT17 RW06 Kelurahan Jelupang

Berita Lennus, Tangerang Selatan – Cuaca tak begitu panas. Sekitar pukul 9.00 WIB, dimulai hajatan, ketiga kandidat berdampingan pada pemilihan RT ala pencoblosan pilkada di RT 17/ RW 06 kampung baru langboh Kelurahan Jelupang Kecamatan Serpong Utara kota Tangerang selatan Propinsi Banten, puluhan warga berkumpul di halaman depan rumah sederhana milik seorang warga setempat. Minggu (6/03/2022)

Dalam hal ini menurut Cecep Anang Hardian selaku warga sekaligus Ketua DPC Kota Tangerang Selatan Media Center Indonesia ( MCI ) menuturkan bahwa sebuah pesta demokrasi tengah berlangsung di sini. Unik memang, karena tak lazim seperti perhelatan umum lainnya. Tak segempar seperti pemilihan presiden ataupun gubernur, tetapi sarat akan makna.

Warga menggelar pemilihan langsung ketua rukun tetangga (RT) yang dikemas ala pencoblosan dalam pemilihan kepala daerah (pilkada). Tersedia tempat pemungutan suara (TPS), sejumlah petugas selayaknya tim Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan bilik suara.

Pemungutan suara juga nyaris tak ada bedanya dengan tata cara pencoblosan pilkada. Satu per satu warga yang telah terdaftar sebagai pemilih mengantri untuk menunjukkan identitas kepada petugas di pintu masuk TPS.

Setelah tercatat, para pemilih dipersilakan duduk untuk menunggu giliran panggilan dari petugas melalui pengeras suara. Petugas memanggil pemilih berdasarkan urutan kedatangan untuk diberikan surat suara.

Pemilih selanjutnya masuk bilik suara dan mencoblos surat suara yang terlampir gambar pasangan calon ketua RT. Surat suara yang sudah dicoblos dimasukkan ke kotak suara. Pemilih kemudian menuju meja tinta untuk menandai jari dengan tinta.

Sebuah percontohan kecil upaya warga untuk memberi kebebasan terhadap seseorang dalam menentukan sosok pemimpin yang dinilainya patut dijadikan suri tauladan. Mereka berpartisipasi langsung menunjuk pemimpin harapannya. (Hasan/Cecep)

Related posts

BEBERAPA HARI LAGI PROGRAM PENGUNGKAPAN SUKARELA (PPS) AKAN BERAKHIR

admin@lennus

JK dan Bupati A.Zaki Iskandar Resmikan Volunteer Park Di Solear

admin@lennus

Dilepas Benyamin, Ribuan Peserta Ikuti Tangsel Marathon 2023

admin@lennus

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.