Berita Daerah Ekonomi Kesehatan Sosial

Kemendagri – Adinkes Bersama Peran Desa Dalam Menanggulangi AIDS, Tuberkulosis,Dan Malaria

beritalennus.co.id Kota Tangerang – ADINKES merupakan salah satu asosiasi profesi yang bertujuan untuk memenuhi aspirasi dan partisipasi Dinas Kesehatan di seluruh Indonesia yang telah berdiri sejak 2002.

Pada tahun 2021, Kementerian Dalam Negeri dengan ADINKES telah menyepakati Nota Kesepahaman (MoU) Nomor: 119/7099/SJ Tanggal 8 Desember sebagai pedoman bersama dalam meningkatkan koordinasi, sinergi dan kerja sama khususnya dalam melakukan penanggulangan AIDS, TB dan Malaria di daerah.

Untuk itu Adinkes ( Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia) melaksanakan Pertemuan Nasional untuk melakukan Orkestrasi dari pusat sampai ke desa mulai hari ini Senin 31 Oktober 2022 Hingga Rabu tanggal 2 November 2022 di Hotel Horison Gran Serpong Jalan MH.Thamrin No.KM 27 Panunggangan Utara Kecamatan Pinang, Kota Tangerang Banten.

Dengan mengundang Bappeda dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dari 24 Provinsi diseluruh Indonesia,untuk merumuskan upaya bersama kedepan memperbaiki dalam penanggulangan AIDS, Tuberkulosis,dan Malaria.

Pada kesempatan tersebut hadir Dr.Yusharto Huntoyungo,M.Pd Direktur Jendral Bina Pemerintahan Desa,KEMENDAGRI,Sugito,S.Sos,MH Direktur Jendral Pembangunan Desa dan Perdesaan,KEMENDESA PDTT,BAZNAS, beserta para undangan lainnya.

Sawijan Gunadi dari Badan Eksekutif menyampaikan Pentingnya mengingatkan dan mendorong Bappeda dan Dinas PMD untuk bersama-sama stakeholder di desa maupun di kampung untuk memastikan warganya tidak merokok sembarangan hingga berhenti merokok,adalah upaya dalam menekan angka kematian yang ter-asosiasi dengan rokok yang tercatat sekitar 30-an lebih penyakit.

Sementara itu banyak kasus Tuberkulosis ( TBC ) di Indonesia sekitar 20-30% akibat perilaku merokok, sehingga pentingnya implementasi kawasan tanpa rokok (KTR) yang di berlakukan untuk menurunkan konsumsi merokok serta mencegah asap rokok terhirup Oleh Orang non perokok,ujarnya.

Dan target kami Tahun 2030 Malaria nya sudah tidak ada lagi,serta harapannya semua kekuatan di desa kecil maupun besar di lakukan bersama dengan Orkestrasi melalui Bupati dan Bappeda untuk menciptakan kawasan tanpa rokok, tutupnya.

(Ani S.A / Red)

Related posts

Selamat Milad Yang Ke 11 Karang Taruna RW 08 Sawah Baru

admin@lennus

Musita, FC, Gobet FC, Iryan Selection FC, Raih Juara Turnamen Sepak Bola Cup Piala Kapolsek Batuceper 2021.

admin@lennus

Tiba di Tegal, Benyamin Langsung Kunjungi Korban Kecelakaan Bus di RSUD dr. Soeselo Slawi

admin@lennus

Leave a Comment

* By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.